By | August 7, 2021

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan triplek. Ini adalah salah satu bahan bangunan berupa lembaran papan yang direkatkan sedemikian rupa. Biasa digunakan sebagai pembatas atau pembagi ruangan, furniture, kerajinan tangan serta untuk plafon rumah. Jika Anda ingin beli triplek, sebaiknya perhatikan dulu untuk kebutuhan apa ini akan digunakan. Karena ada perbedaan size dari ketebalan yang bisa Anda pilih.

Saat Anda berkunjung ke toko jual triplek, ada banyak jenis triplek yang bisa Anda temui. Seperti particle board, plywood, blockboard, teal block, dan MDF.

Semua jenis triplek tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Serta tidak semua triplek bisa digunakan untuk semua kebutuhan.

Mengenal Jenis-Jenis Triplek

Partikel Board

Partikel board juga sering dikenal dengan LDF. Ini merupakan jenis triplek yang terbuat dari sisa pecahan kayu atau serbuk kayu hasil gergaji.

Jenis ini paling terjangkau harganya saat Anda beli triplek. Kualitasnya padat meski tidak terlalu kuat.

Ada beberapa ketebalan yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke toko jual triplek untuk jenis partikel board. Yakni, 9 mm, 12 mm, 15 mm dan 18 mm.

MDF atau medium density fiberboard

Jenis triplek MDF terbuat dari serat kayu lunak bercampur dengan serat kayu keras yang ditempel dengan menggunakan lem bertemperatur dan tekanan tinggi. Biasanya ini digunakan untuk pembuatan kabinet dan kerajinan tangan. Hanya saja, MDF tidak tahan air.

Ada beberapa ketebalan dari jenis MDF ini yaitu 9 mm, 15 mm, dan 18 mm.

Multiplek

Multiplek terbuat dari kulit kayu yang direkatkan dan disusun secara berlapis-lapis. Lalu, pada bagian dasar triplek ini akan di press dengan tekanan yang sangat tinggi.

Tekstur dari triplek ini lumayan rapat dan memiliki daya kekuatan yang kuat. Jenis triplek ini tahan air dan tahan lama.

Teakblock

Teakblock mungkin sangat jarang bisa temukan. Tidak semua toko jual triplek menyediakan jenis triplek ini.

Teakblock sendiri terbuat dari bahan kayu jati, meski bukan jenis kayu jati solid. Ini adalah lembaran dari kayu jati yang dipress dengan kekuatan tinggi hingga menjadi satu.

Kekuatan dari triplek jenis ini termasuk yang memuaskan. Selain tahan air dan tahan lama, teakblock juga awet.

Demikian beberapa jenis triplek yang biasa digunakan untuk kebutuhan bangunan ataupun perabotan. Mengenal jenis triplek akan memudahkan Anda untuk menentukan manakah yang ingin dipakai sesuai kebutuhan sebelum beli triplek di toko bangunan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.