By | February 3, 2021

Pandemi Covid 19 terbukti menjadi ancaman nyata. Untuk turut menghentikan pandemi Covid 19, Kompol Agus Widar, Kapolsek Palmerah Jakarta menggagas program “Anakku Bermasker” di lingkup wilayah hukumnya. Kompol Agus Widar, melihat anak anak memiliki potensi untuk turut menghentikan pandemi Covid 19. Anakku Bermasker di Polsek Palmerah menjadi salah satu penjabaran program Kampung Tangguh yang digagas Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan digaungkan Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo di Jakarta Barat.

Kompol Agus Widar, Kapolsek Palmerah, mengisahkan terciptanya program Anakku Bermasker untuk menangkal Covid 19 di Palmerah. Ia memang rutin berkeliling di wilayah hukumnya untuk memantau langsung keadaan keamanan. Pada 2 Februari 2021 misalnya, ia berada di Kota Bambu Utara Palmerah, tepatnya di Gang Swadaya.

“Pada saat berkeliling di Kota Bambu Utara Palmerah, anak anak mendekati kita untuk meminta foto bersama,” cetus Kompol Agus Widar. Sebagian anak bermasker tetapi ada juga yang lupa mengenakan alat pelindung diri dari infeksi Covid 19 ini. Anak yang bermasker nyeletuk kepada teman temannya yang tidak bermasker bahwa kalau ketemu polisi harus bermasker.

Kompol Agus Widar menyambut ajakan anak anak untuk berfoto dengan polisi. Namun terlebih dulu ia membagikan masker untuk dikenakan anak anak. Mantan Wasatreskrim Polres Metro Jakarta Pusat itu meminta anak anak yang belum bermasker untuk mengenakan masker.

Tak selang berapa lama, cekrak cekrek… Kompol Agus dan anak anak berfoto bersama. Tak berhenti sampai di situ, Kompol Agus Widar mengajak anak anak untuk bercakap cakap lebih jauh. Dari percakapan itu, sang Kapolsek tahu bahwa anak anak belum banyak tahu Covid 19 dan cara pencegahan penularannya.

“Mereka tahunya, ada orang dewasa yang meninggal karena Covid dan kalau ketemu polisi harus bermasker,” kekeh perwira menengah Polri tersebut. Ia pun memberi edukasi bagi anak anak, seperti rajin cuci tangan, menjaga jarak dengan teman temannya dan orang lain, serta selalu mengenakan masker. Jika tidak disiplin, Kapolsek Palmerah menjelaskan bahwa anak anak bisa membawa virus dari luar rumah dan menulari keluarganya.

Menurut Kompol Agus Widar, anak anak bisa ikut berperan untuk menghentikan pandemi Covid 19 di lingkungan keluarga masing masing. “Anak anak bisa menegur bapak ibunya jika lupa pake masker. Biasanya kalau yang menegur anaknya, orangtua akan mengikuti karena anaknya saja pakai masker kok orangtuanya tidak, ya malulah.” Mantan Kapolsek Ciracas Jakarta Timur ini melihat anak anak pada dasarnya lebih mudah diedukasi.

Apalagi edukasi secara langsung dengan praktik cuci tangan, menjaga jarak dan selalu mengenakan masker, akan membuat anak anak cepat paham tentang perlunya untuk menjalankan protokol kesehatan. “Kami melihat anak anak ini perlu diedukasi. Mereka sekarang tidak ketemu gurunya secara langsung karena belajar jarak jauh melalui online. Mereka potensial membawa virus Covid ke keluarga meski tidak bergejala karena senang bermain ke mana mana. Ini yang perlu diwaspadai,” tutur Kompol Agus Widar. Selain itu Kompol Agus melihat, anak anak adalah penerus generasi masa depan NKRI.

“Di tangan merekalah nantinya nasib negara ini. Jadi ini yang membuat kami ikut mengedukasi anak anak, tidak hanya dengan orang dewasa.” Bagi kepolisian sendiri, kedekatan dengan anak anak penting guna menanamkan pemahaman bahwa polisi adalah sahabat dan pelindung masyarakat. Dengan demikian kesadaran hukum masyarakat akan semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Kompol Agus mengaku akan mengembangkan program Anak Bermasker di wilayah hukum Polsek Palmerah, Jakarta Barat. Ia berharap semua pihak dilibatkan sehingga pandemi Covid 19 yang telah meluluhlantakkan kehidupan bermasyarakat, segera berakhir dan negeri ini kembali normal seperti sebelumnya. “Kalau pandemi ini tidak kunjung berakhir, siapapun bisa bangkrut. Ini yang mendasari kami turut juga tergerak dengan melibatkan semua komponen masyarakat termasuk anak anak,” pungkas Kompol Agus Widar.

Sungguh menarik program Anakku Bermasker dari Kompol Agus Widar, Kapolsek Palmerah, Jakarta Barat. Program Anakku Bermasker ini perlu mendapat apresiasi karena unik dan jarang yang melakukannya. Dalam konsep penghentian pandemi Covid 19 adalah siapapun jangan tertular dan jangan menulari.

Dengan konsep ini, anakpun sama seperti orang dewasa, jangan sampai tertular dan jangan menulari. Anakku Bermasker sebuah program yang jeli dari sosok yang memiliki pemahaman tentang Covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published.