By | August 2, 2021

Rayap Dikenal secara luas sebagai hama penghancur yang paling bikin rugi secara ekonomi karena kekuatannya yang sangat luar biasa menghancurkan property atau bangunan bersama isinya, khususnya pada beberapa bahan yang dari kayu dan produk turunan kayu yang memiliki kandungan selulosa, seperti buku, sepatu, lukisan, dan sebagainya.

Tetapi sekarang ini ada banyak pemilik rumah, gedung atau pengelola property yang ragu dan kebingungan mengenai tehnik atau langkah tindakan apakah yang pas dan cocok untuk menghindari, memberantas, dan menguasai rayap di bangunan mereka. Baik bangunan yang telah terserang rayap, atau bangunan yang belum (akan) terserang rayap. Baik itu tehnik pengendalian untuk bangunan yang telah berdiri, atau langkah pengaturan untuk bangunan yang belum berdiri (pra konstruksi).

Oleh karenanya, kami coba memberi dasar umum /singkat berkenaan langkah yang pas untuk menangani rayap di dalam rumah, gedung, dan property yang lain, sesuai keadaan-kondisi, masalah, tipe rayap dan histori di setiap bangunan, seperti berikut:

1. Bangunan yang bakal dibangun / pra konstruksi

Pada tahapan ini pekerjaan memiliki sifat penangkalan. Saran program treatment yang pas dengan tehnik penyemprotan / spaying diawali sejak penggalian fondasi (tapak) bangunan, dan kayu-kayu dipendam atau disemprotkan dengan termisida (pestisida anti rayap), selanjutnya proses penyemprotan mengikuti pembangunan konstruksi sampai usai.

Tetapi sekarang ini telah banyak konsumen setia yang menggunakan sistem mekanisme umpan saat bangunannya telah mendekati selesai.

2. Bangunan yang telah berdiri dan atau telah terserang rayap

Pada keadaan ini pekerjaan memiliki sifat pemberantasan rayap yang telah menyerang. Tetapi pada keadaan ini umumnya ada banyak perusahaan jasa pest kontrol atau jasa pembasmi rayap yang tawarkan sistem penyemprotan dan injeksi (pengeboran).

3. Bangunan yang belum diserang rayap, atau yang telah di anti rayap

Pada keadaan ini pekerjaan memiliki sifat pengendalian dan perawatan, yakni saat ada tanda-tanda serangan rayap baru, karena itu jasa anti rayap selekasnya mengendalikannya hingga rayap tidak menebar kemanapun dan tidak memunculkan kerusakan besar pada bangunan.

Tehnik atau sistem yang pas untuk keadaan ini dengan mekanisme monitoring atau pengecekan teratur di semua lokasi bangunan. Jika diketemukan rayap aktif jenis maka dilaksanakan pemasangan umpan. Mekanisme pengendalian ini baiknya memasangkan perlengkapan termite kontrol unit In Ground yang diharapkan berperan sebagai sirene rayap (deteksi rayap) di sekitar bangunan yang berhubungan dengan tanah.

Dan jika ada diketemukan serangan rayap tipe lain selain rayap tanah (Coptotermes), yang rayapnya umumnya kerap ada di pohon-pohonan atau di kusen sisi bawah bangunan di beberapa daerah tertentu seperti wilayah Serpong, Karawaci Tangerang, dan sejumlah kecil wilayah lainnya, jadi tidak ada kelirunya tindakan treatment di kombinasi dengan mekanisme lain seperti spraying dan injeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.