By | August 10, 2022

Tidak dapat dipungkiri dalam kehidupan berumah tangga akan selalu berhubungan dengan masalah keuangan. Sehingga pasangan muda yang baru saja menikah harus mengenal cara mengatur keuangan rumah. Sehingga dalam perjalanan rumah tangga tidak akan mengalami keributan akibat keuangan.

Banyak sekali faktor yang memberikan pengaruh dalam keuangan rumah tangga. Sedari kebutuhan wajib yang mau tidak mau harus dipenuhi sampai dengan kebutuhan konsumtif yang sebenarnya hanya bersifat hiburan semata.

 

Mengenal Cara Mengatur Keuangan Rumah Dengan Cermat

Mengatur keuangan rumah tangga sejatinya bukan hanya tanggung jawab suami ataupun istri saja. Sehingga sebaiknya kedua orang yang menjadi pasangan dapat mengenal cara mengatur keuangan rumah dengan baik. Beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan Dana Darurat

Dalam kehidupan tidak semuanya dapat berjalan dengan mulus sesuai dengan keinginan. Terkadang ada saja hal-hal yang diluar perencanaan datang begitu saja dan membuat gelagapan saat tidak ada persiapan. Itulah sebabnya sangat penting adanya dana darurat yang harus dipersiapkan.

Salah satu contoh dari hal tidak terduga ini adalah ketika terjadi PHK tiba-tiba, kecelakaan, krisis ekonomi dan berbagai hal lainnya yang dapat menyebabkan penghasilan rumah tangga terganggu. Itulah pentingnya dari dana darurat ini harus dipersiapkan dengan baik.

2. Menjaga Rasio Hutang

Hutang merupakan salah satu cara yang sebaiknya dihindari dalam pengaturan keuangan rumah tangga. Karena tagihan dan kewajiban membayar hutang dapat menjadi beban yang membuat keuangan rumah tangga terganggu.

Namun terkadang ada beberapa hal yang membuat pasangan suami istri harus berhutang. Namun alangkah baiknya kalau hutang tersebut untuk memenuhi kebutuhan pokok yang tidak dapat dipenuhi dalam waktu dekat seperti membeli rumah.

3. Membuat Daftar Pengeluaran

Kemudian dalam mengenal cara mengatur keuangan rumah selanjutnya yang tidak dapat disepelekan adalah membuat daftar pengeluaran prioritas selama sebulan. Karena hal ini akan sangat membantu dalam mengatur keuangan rumah tangga secara efektif.

Saat menyusun daftar prioritas, maka alokasi dan pengeluaran dana rumah tangga menjadi lebih tertata dengan baik. pengeluaran yang termasuk prioritas tersebut diantaranya adalah makan setiap hari, tagihan listrik dan air, belanja dapur, biaya transport untuk bekerja, pendidikan, dan cicilan rumah.

4. Total Seluruh Pendapatan

Menghitung seluruh pemasukan selama satu bulan penuh akan membuat pengaturan keuangan rumah tangga lebih efektif. Pendapatan yang dihitung bukan hanya dari gaji bulanan saja, melainkan juga pendapatan lainnya seperti upah lembur, keuntungan investasi dan lain sebagainya.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda dapat membagi alokasi pendapatan yang diperoleh ke semua kebutuhan yang harus dipenuhi. Disini yang harus dipenuhi terlebih dahulu adalah kebutuhan yang sifatnya primer yang menjadi prioritas. Sehingga pengaturan keuangan menjadi lebih mudah.

5. Pahami Perbedaan Kebutuhan Dan Keinginan

Untuk dapat melakukan pengaturan keuangan rumah tangga yang efektif dalam berumah tangga harus memahami dahulu apa itu kebutuhan dan keinginan. Karena setelah berumah tangga pasti akan ada kebutuhan-kebutuhan yang wajib dipenuhi.

Namun pada kenyataannya, keuangan rumah tangga tidak hanya digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya wajib saja. Melainkan juga digunakan untuk membeli berdasarkan keinginan semata yang nilai kebutuhannya sebenarnya kurang.

Dalam membangun rumah tangga, pada dasarnya membutuhkan kekompakan pasangan sebagai tim yang solid. Terutama dalam belajar mengenal cara mengatur keuangan rumah tangga dengan baik dan benar. Karena hal ini juga merupakan cara untuk mempertahankan hubungan menjadi harmonis selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.