By | October 8, 2021

Transaksi dagang tidak lagi sebatas satu daerah dan negara. Begitu juga halnya kirim mengirim barang. Kemudahan pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia membuat jarak tak lagi menjadi kendala. Apakah Anda termasuk yang suka menunggu kiriman barang dari luar negeri? 

Kebijakan Pengiriman Barang dari Luar Negeri ke Indonesia

Kita mungkin pernah mendapatkan paket kiriman dari luar negeri. Baik itu dari transaksi online atau mungkin juga dari para kerabat kita yang kebetulan tinggal di luar negeri. Ternyata pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia memiliki beberapa ketentuan, lho. Yuk, simak apa saja ketentuan mengirimkan barang dari luar negeri ke Indonesia.

 

Barang yang akan dikirimkan, beratnya secara keseluruhan tidak melebihi 100 kg. Jika melebihi 100 kg maka akan diberlakukan ketentuan umum impor. Anda akan diminta mengisi formulir Pemberitahuan Impor Barang. Ada beberapa pengecualian terhadap kelebihan berat kiriman berdasar dua kondisi ini:

  • Barang dikirim dengan tujuan tempat penimbunan berikat
  • Barang yang memperoleh izin dari Direktur Jenderal Bea dan Cukai seperti obat-obatan atau makanan yang harus memiliki izin BPOM melalui Surat Keterangan Impor. Jika yang dikirim adalah gadget atau alat elektronik hanya diperbolehkan dua buah. Untuk hewan atau tumbuhan harus ada izin pemasukan Badan Karantina. 

Barang-barang Kena Bea dan Cukai

Selain itu ada juga ketentuan yang membuat barang kiriman dikenai pajak Bea dan Cukai. Nah, ada baiknya Anda tahu apa saja yang terkena bea cukai saat mengirimkan barang dari luar negeri. Sesuai aturan UU No.39 Tahun 2007, barang yang kena cukai, yaitu: 

  1. Etil alkohol atau disebut juga etanol.
  2. Minuman dengan kandungan etil alkohol 
  3. Hasil tembakau

 

Setelah melewati pemeriksaan serta peraturan bea masuk dan pajak impor, barang yang lolos akan dikemas kembali dan diantarkan ke alamat penerima. Jangan heran kalau barang tiba, Anda dikenakan tagihan atas pajak bea cukai tersebut yang sebelumnya ditalangi pihak ekspedisi pengiriman.

 

Selain itu, ongkos pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia juga wajib menjadi perhatian Anda.

Ongkir ke Amerika tentu tidak sama dengan ongkos kirim barang ke Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.