By | September 9, 2022

Customer acquisition cost (CAC) atau dikenal juga dengan biaya akuisisi konsumen merupakan biaya yang diperlukan guna menarik prospek menjadi customer atau pelanggan Anda. Gaya tersebut termasuk dalam biaya pemasaran, biaya iklan, penjualan, biaya kampanye bahkan hingga upah yang dibayarkan terhadap karyawan untuk memperoleh konsumen baru.

Baik itu CAC ataupun customer lifetime value (CLV) memang dianggap sebagai penentu apakah model bisnis yang telah dijalankan berjalan dengan baik atau tidak.

Untuk memperoleh jumlah customer acquisition cost yang tepat maka Anda perlu melakukan perhitungan dengan memakai rumus CAC. Perhitungan tersebut penting dilakukan penyesuaian serta evaluasi supaya perhitungan yang dihasilkan nantinya bisa menguntungkan bagi bisnis Anda.

Apa Pentingnya Customer Acquisition Cost Bagi Start Up?

Perhitungan CAC di sini memang begitu penting khususnya bagi start up. Nilai akan menunjukkan bagaimana perusahaan mampu dalam memaksimalkan pengeluaran, khususnya untuk segi pemasaran agar memperoleh konsumen.

Ketika membangun startup Anda dituntut agar bisa mengalokasikan dana secara cermat. Apalagi jika dana yang dialokasikan merupakan dana internal dari perusahaan. CAC juga bisa membantu untuk mengukur kinerja dari divisi pemasaran.

Biasanya bila Anda mampu dalam mengurangi biaya untuk mendatangkan pelanggan pastinya keuntungan yang diraih pun akan jauh lebih banyak. Sebaliknya jika biaya yang dibutuhkan lebih besar jika dibandingkan pendapatan maka ada yang perlu untuk diperbaiki dari cara perusahaan menjalankan strategi marketing.

Selain penting bagi pihak internal perusahaan customer acquisition cost tersebut berperan penting untuk investor yang mana di sini mengalokasikan dana bagi perusahaan start up Anda. Investor memakai CAC sebagai matrix agar bisa mengetahui profit yang dihasilkan serta pengeluaran untuk memperoleh konsumen.

Kinerja COC dapat ditingkatkan asalkan di sini start up Anda menerapkan strategi yang benar-benar tepat. Beberapa strategi berikut ini akan sangat membantu Anda di dalam meningkatkan customer acquisition cost.

Memaksimalkan Konsumen yang Telah Ada

Sebuah bisnis dikatakan berhasil jika di sini mampu meningkatkan loyalitas dari konsumen. Mereka tak ragu untuk terus kembali serta mempercayakan bisnis agar memberikan solusi pada masalah mereka.

Anda di sini dapat memperoleh loyalitas dari konsumen dengan menawarkan produk terbaru untuk nantinya dicoba secara gratis, menawarkan voucher ataupun hadiah, memberikan upgrade untuk keanggotaan serta undang mereka ke dalam event-event khusus.

Meningkatkan Konversi

Meningkatkan konversi melalui sosial media maupun website dapat Anda lakukan dengan banyak cara. Untuk Website Anda bisa mengupayakan agar di sini membuatnya lebih user friendly serta mengubah tampilan agar tampak lebih menarik lagi. Sedangkan jika dilakukan melalui sosial media maka Anda bisa memakai tombol tertentu agar lebih memudahkan konsumen di dalam melakukan transaksi ataupun menghubungi Anda.

Customer Relationship Management

Agar bisa meningkatkan customer acquisition cost maka di sini Anda membutuhkan Customer Relationship Management. Dengan adanya CRM tersebut maka konsumen akan jadi merasa lebih dekat serta dihargai oleh Anda sebagai pelaku bisnis.

Mereka pun nantinya tak akan ragu di dalam memilih kembali jasa ataupun produk yang Anda tawarkan. Anda bisa memanfaatkan konten informatif lain agar bisa meningkatkan hubungan dengan pelanggan tersebut.

Customer acquisition cost di sini memiliki peranan sebagai matrik untuk mengukur kesuksesan dari sebuah bisnis. Startup pun juga membutuhkan CAC dalam memastikan dana yang mereka alokasikan untuk memperoleh konsumen tersalurkan dengan tepat dan juga cermat.

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu customer acquisition cost serta apa saja pentingnya customer acquisition cost tersebut bagi sebuah bisnis startup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.