By | August 18, 2021

Pengenalan berkenaan SIO (Surat Izin Operator) adalah semacam Sertifkat yang diberi menyangkut Izin Perorangan di dalam sebuah perusahaan dalam soal kelayakan menjalankan Alat Angkat dan Alat Angkut.

Secara terinci berkenaan Sertifikat SIO terhitung persyaratan yang sesuai dengan Undang-undang No. 1 Tahun 1970 mengenai Keselamatan Kerja, dan Permennaker no. PER.05/MEN/1985 mengenai Pesawat / Alat Angkat dan Alat Angkut (Forklift, Backoe, Loaders, Truck, Excavators, Cranes, Dan lain-lain ).

Tiap perusahaan Kontraktor jasa konstruksi yang memakai / menggunakan Alat Angkat dan Alat Angkut baik yang dipunyai sendiri atau menggunakan jasa pihak ke-3 dalam melakukan tugas, proses penerapan satu tugas konstruksi, diharuskan mempunyai Sertifikat SIA ; Surat Ijin Alat Angkat dan Alat Angkut dan harus juga dalam pemakaian Alat Angkat dan Alat Angkut itu dikerjakan oleh Operator Alat Angkat dan Alat Angkut yang mempunyai Sertifikat SIO ; Surat Ijin Operator Alat Angkat dan Alat Angkut terhitung persyaratan penilaian.

Untuk menjalankan alat berat, selain harus mempunyai sio harus juga mempunyai dasar dasar, yaitu ketahanan fisik dan mental dan tehnik operasional, diantaranya:

  1. Mengetahui akan keutamaan keselamatan kerja, dengan memprioritaskan keselamatan saat menjalankan alat berat
  2. Mempunyai stamina yang lumayan baik untuk lakukan tugas
  3. Mempunyai sertifikat sebagai operator alat berat. Operator harus memperoleh pernyataan berbentuk SIO (Surat Ijin Operator) dari Departemen tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia
  4. Operator berpengalaman dan terbiasa, hingga bisa menjalankan alat berat yang benar dan aman. Operator harus pahami beberapa dasar berkenaan K3 dan peraturannya, knowledge base alat berat, pengetahuan tenaga penggerak dan hidrolik, penyebab kecelakaan pada alat berat, pengoperasian aman, dan perawatan dan pengecekan alat berat.
  5. Selain mempunyai keadaan fisik yang bugar dan mental yang kuat, operator harus selalu waspada saat lakukan tugas mereka.

Pembuatan Sio

Bila Anda ingin membuat SIO Anda langsung bisa datang ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat dengan membuat permintaan ke Kadisnaker dan isi formulir berkaitan beberapa data. Tetapi, bila Anda tidak ingin ribet dan inginkan proses yang cepat tanpa mengantre terlalu lama, Anda dapat memakai Jasa Pembuatan SIO yang sekarang ini ada dan siap untuk layani kepentingan Anda untuk pembuatan SIO yang anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.